Berapa Gaji Youtuber Pemula 1000 Subscriber? Ini Jumlah Detailnya

Gaji Youtuber 1000 Subscriber – Menjadi seorang youtuber merupakan salah satu pilihan profesi menjanjikan di banyak kalangan anak muda jaman sekarang. Bahkan anak kecil dan orang tua pun turut andil dalam menjalankan profesi ini.

Alasannya bermacam-macam, ada yang menjadi youtuber karena hobi, ada juga karena hanya iseng, hingga menjadikan profesi ini sebagai peluang untuk menghasilkan uang.

Tak bisa di pungkiri, memang ada banyak youtuber yang sukses meraup keuntungan besar dari hasil usahanya membuat konten.

Namun, tidak sedikit pula yang penasaran tentang berapa sih penghasilan youtuber dengan 1000 subscriber? Nah, berikut penjelasannya.

Dari Mana Sumber Penghasilan Youtuber?

Untuk menghitung penghasilan youtuber dalam satu bulan sebenarnya cukup variatif (jumlahnya tidak tetap), karena ada beberapa sumber penghasilan yang bisa di dapatkan dari youtube.

1. Google Adsense

Penghasilan utama dari sebuah channel youtube adalah iklan, dan penyedia iklan ini adalah Google Adsense.

Di dalam video yang di tonton biasanya akan muncul iklan gambar atau video yang berdurasi pendek dari pengiklan.

Jika penonton melihat iklan atau bahkan meng-klik iklan tersebut, maka pemilik video akan mendapatkan bayaran dari iklan yang tampil di dalam videonya.

2. Endorsement

Pendapatan lain dari youtuber tidak hanya dari iklan yang tampil di dalam video, namun bisa juga melalui promosi produk dari klien atau bahasa kerennya adalah Endorsement.

Cara kerja endorsement ini bermacam-macam, ada yang hanya memajangkan produk berupa alat, minuman, makanan, atau logo produk di atas meja (bisa di temukan di channel podcast).

Ada juga mengajak penonton untuk menggunakan produk dengan membeli melalui link yang sudah di sediakan oleh klien.

Atau dengan membuat satu video khusus yang mereview produk dan jasa dari klien.

3. Jualan Produk Sendiri

Ada juga youtuber yang membangun channel youtube dengan tujuan promosi produk mereka sendiri.

Misalnya saja, jika memiliki produk kecantikan atau alat makeup. Membuat channel youtube dengan tema tutorial makup kemudian mengarahkan penonton untuk membeli produk sendiri melalui link produk yang di simpan di deskripsi video.

Syarat Monetisasi Channel Youtube

Sebelum mengetahui berapa penghasilan yang di dapatkan dari sebuah channel, perlu diketahui bahwa youtube memberikan syarat tertentu agar video yang di upload bisa menghasilkan uang.

Ini berlaku jika penghasilan yang di inginkan diluar dari endrose dan jualan produk sendiri, lebih tepatnya jika penghasilan bersumber dari Google Adsense.

1. Channel Youtube Harus Terverifikasi

Maksudnya terverifikasi di sini adalah, identitas pemilik channel harus di kenali dengan memasukkan nomor telepon aktif untuk menerima kode verifikasi dari youtube.

Tujuan verifikasi channel youtube ini agar pemilik channel dapat mengunggah video berdurasi panjang, yaitu lebih dari 15 menit.

2. Memiliki 1000 Subscriber

Pemiliki channel youtube harus memiliki setidaknya 1000 subscriber untuk bisa menampilkan iklan dari google adsense.

Agar bisa mendapatkan banyak subscriber dengan cepat, sebaiknya lakukan promosi ke sosial media atau buat konten yang menarik dan sedang hangat di bicarakan.

3. Mencapai 4000 Jam Waktu Tonton

Dari semua video yang di upload di channel youtube, durasi tonton video harus mencapai 4000 jam tayang dalam kurun waktu 1 tahun.

Persyaratan ini akan lebih mudah tercapai jika channel sudah di verifikasi agar bisa mengupload video berdurasi panjang. Semakin panjaang durasi video semakin mudah untuk mencapai 4000 jam.

Sebaiknya upload video sebanyak-banyaknya, semakin banyak video yang di upload semakin cepat juga untuk memenuhi persyaratan monetisasi.

4. Channel Tidak Melanggar Pedoman Komunitas Youtube

Sebelum membuat channel youtube tentukan topik atau tema channel yang ingin di jalankan, sebaiknya pilih topik yang tidak melanggar pedoman komunitas youtube.

Selain itu, hindari mengajak orang untuk berkomentar terlalu banyak dalam waktu singkat, karena itu bisa menyebabkan channel terdeteksi sebagai spam.

Berapa Gaji Youtuber 1000 Subscriber?

Pertanyaan ini kerap kali ditanyakan oleh beberapa orang, terutama oleh youtuber pemula yang belum mencapai 1000 subs.

1000 Subscriber merupakan persyaratan utama agar channel youtube bisa di monetisasi. Namun jika sudah terpenuhi, berapa sih gaji yang di dapatkan?

Sebelumnya, sudah di jelaskan di atas bahwa penghasilan youtube bisa di dapatkan dari mana saja. Namun di sini gaji yang di maksud adalah penghasilan google adsense per 1000 subscriber.

Di sini, gaji youtuber per 1000 subscriber kami bagi berdasarkan jenis konten video yang diupload (niche channel).

No.KontenGaji/Bulan
1.GamingRp450.000 – Rp1.400.000
2.VlogRp200.000 – Rp1.500.000
3.Beauty VlogRp300.000 – Rp1.600.000
4.MancingRp400.000 – Rp1.800.000
5.TeknoRp450.000 – Rp1.650.000
6.OtomotifRp300.000 – Rp1.850.000
7.KeuanganRp400.000 – Rp1.900.000
8.Berita ViralRp500.000 – Rp2.500.000
9.MukbangRp200.000 – Rp1.550.000
10.PodcastRp200.000 – Rp1.450.000

Jumlah di atas merupakan gaji rata-rata yang dikelompokkan berdasarkan jenis konten channel yang dibuat.

Apa yang Mempengaruhi Besar Kecilnya Gaji Youtuber

Ada banyak faktor yang mempengaruhi besaran gaji para youtuber. Salah satunya seperti yang nampak pada tabel gaji di atas yaitu jenis konten yang dibuat.

Dalam dunia periklanan, terdapat beberapa perhitungan penghasilan per tayangan iklan atau per klik iklan.

Bayaran per iklan itu berbeda beda ada yang Rp1.000 per tampilan iklan ada juga Rp2.000 hingga Rp20.000. cukup sulit menemukan pengiklan indonesia yang mau menawarkan iklannya dengan bayaran mahal.

Secara garis besar, pengaruh besar kecilnya pendapatan dari adsense youtube tergantung dari beberapa faktor :

  1. Jenis Konten (Niche)
  2. Jumlah Tonton
  3. Jumlah Subscriber
  4. Jumlah Iklan
  5. Target Negara

Kesimpulan

Itulah informasi dari upahkerja.com mengenai gaji youtuber 1000 subscriber. Penghasilan atau gaji youtuber tidak sepenuhnya dapat di hitung hanya dari jumlah subscriber saja, karena ada banyak faktor yang mempengaruhi besar kecilnya penghasilan video youtube.

Tim UpahKerja
Tim UpahKerja

Seorang penulis aktif yang pernah bekerja di salah satu perusahaan swasta yang bertugas merakap data terkait gaji karyawan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *